Sabtu, 30 Agustus 2014

Gaya Hidup Muslim Pesantren Hidayatullah

Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah.
MUNGKIN di antara kita pernah terbesit suatu pertanyaan, kenapa anak muda sekarang lebih suka kongkow-kongkow tidak karuan ketimbang antusias dalam menuntut ilmu, mengaji dan memakmurkan masjid.
Sebagian menyalahkan pihak eksternal dengan perkembangan berbagai macam media dan program yang menstimulasi anak-anak muda saat ini kan jauh dari ajaran agamanya. Sementara, dari sebagian umat Islam sendiri upaya untuk benar-benar menyeru generasi muda pada ajaran Islam tidak segetol pihak eksternal yang begitu luar biasa dalam mengemas program yang memancing minat anak muda.
Manusia Terbaik
Semua itu terjadi karena memang ada niat, semangat, kesungguhan dan konsistensi dalam menempa diri untuk terus mengisi hari-harinya dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan penuh manfaat. Mereka tidak mau melewati hari tanpa manfaat sedikitpun. Karena manusia terbaik menurut Rasul adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lainnya.

”Rasulullah bersabda, ’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni).

Dengan demikian, maka jangan ragu, segeralah libatkan diri kita dalam setiap pekerjaan bermanfaat dalam setiap waktu yang kita miliki. Bisa dengan membantu sesama, peduli lingkungan, memakmurkan masjid, dan lain sebagainya. Sungguh, sesibuk apapun, kita masih bisa melakukan banyak pekerjaan bermanfaat, tinggal kemauan dan kesungguhan kita sendiri.
Dan, Allah telah berjanji bahwa siapa yang benar-benar bersungguh-sungguh (memberi manfaat) di jalan Allah, pasti akan Allah bukakan pintu-pintu-Nya untuk kita benar-benar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama dan kehidupan.
“Dan orang-orang yang berjihad untuk Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut [29]: 69).*

0 komentar:

Posting Komentar